Selasa, 15 Oktober 2013


hipersensitivitas tipe I

hipersensitivitas tipe I adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik.
Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen. Alergi disebabkan oleh produksi antibodi berjenis IgE. Antibodi ini melindungi tubuh dari benda atau zat yang tidak diinginkan yang bisa membuat anda sakit atau menyebabkan infeksi.
Alergi dapat menyebabkan gejala yang terlihat pada kulit seperti bentol, eksim, kelainan pada sinus, saluran napas, atau sistem pencernaan. Keparahan suatu alergi bervariasi pada setiap orang dan dapat terjadi mulai dari iritasi biasa sampai keadaan darurat yang berpotensi mengancam jiwa. Alergi tak dapat disembuhkan, tetapi terapi dapat membantu meringankan gejala alergi.

Faktor indikasi

Faktor indikasi yang termasuk pemicu alergi adalah perubahan cuaca yang ekstrim, serbuk tanaman, bulu binatang, debu dan jamur, makanan tertentu, khususnya kacang tanah, pohon kacang-kacangan, gandum, kedelai, ikan, kerang, telur dan susu, sengat serangga, seperti sengat lebah atau tawon, Obat dan lain-lain.






Resiko munculnya alergi

Resiko munculnya alergi akan meningkat jika memiliki sejarah keluarga dengan asma atau alergi. Akupunktur melalui penelitian ilmiah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunologi) seseorang, sehingga penderita alergi lebih kuat daya tahan tubuhnya dan berkurang sensitifitasnya terhadap alergen. Tetapi tentu saja harus menghindari kontak dengan pemicu alerginya. Bila akupunktur dilakukan secara rutin dapat menurunkan angka kekambuhan alerginya. Semoga dapat menjawab kebingungan.



Pengobatan Herbal Untuk Alergi Kulit


Cara Pengobatan Herbal Untuk Alergi Kulit,Reaksi alergi tentunya merupakan manifestasi pada seseorang secara keseluruhan. Gejalanya akan tergantung pada fungsi organ tersebut yaitu dapat terangsang atau tertekan. Suatu alergi yang menyerang mata akan menimbulkan mata merah dan gatal; jika menyerang hidung akan pilek atau bersin-bersin; bila menyerang paru-paru akan menyebabkan asma atau batuk;
jika menyerang saluran pencernaan menyebabkan sakit perut, kembung, diare atau muntah-muntah; menyerang persendian dapat menyebabkan nyeri dan kaku; jika yang terserang kepala dapat menimbulkan sakit kepala, jika menyerang kulit menimbulkan eksim, bentol-bentol/gatal-gatal, dan sebagainya. Anda tak mungkin bisa istirahat dengan nyaman ataupun melakukan berbagai aktivitas bila anda tak mengobati terlebih dahulu alergi gatal-gatal anda. Bisa anda bayangkan sendiri bagaimana rasanya kalo sudah gatal-gatal, makanya segera lakukan penanganan agar alergi anda segera sembuh, anda bisa menggunakan obat alergi gatal tradisional yang anda rasakan ini.
  • 15 gram jahe + 30 cc cuka beras putih/rice venegar + gula merah secukupnya direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum. Lakukan secara teratur sehari sekali.
Jika alergi menyerang hidung sehingga menimbulkan pilek atau bersin-bersin dapat menggunakan cara tradisional berikut:
  • 7 lembar daun sambung nyawa + 30 gram sambiloto segar direbus dengan 500
    cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. daun lidah buaya secukupnya dikupas kulitnya lalu dijus. Teteskan jus lidah buaya ke dalam hidung sebanyak 3 tetes dengan menggunakan pipet.
Alergi adalah kondisi yang disebabkan oleh alergen (hal-hal yang bisa memicu terjadinya alergi). Saat ini ada 2 jenis dermatitis kontak yaitu iritan dan alergik.
Penyebab Alergi :

Cara Pengobatan Herbal Untuk Alergi Kulit

Alergi disebabkan oleh alergen, hal-hal yang menyebabkan alergi. Ada 2 jenis dermatitis kontak: iritan dan alergik.  Dermatitis kontak iritan disebabkan efek kimiawi tertentu. Sedangkan dermatitis kontak alergik biasanya mengenai orang yang sensitif terhadap zat sehari-hari. Zat ini terdapat metal yang jika menempel pada kulit, terkadang menimbulkan alergi. Contoh dari benda-benda yang mengandung zat tersebut antara lain perhiasan imitasi, karet, krim, salep, dan lainnya.
Alergi yaitu reaksi berlebihan atau kepekaan tubuh terhadap allergen (pemicu alergi) . Reaksi berlebihan yang timbul karena alergi bisa hilang dengan sendirinya , namun bagi beberapa kasus alergi jangan dianggap remeh karena dapat menyebabkan gejala semakin parah dan menganggu aktifitas serta dapat menyebabkan kematian apabila tubuh mengalami shock berat akibat reaksi berlebihan dari allergen .
Pada dasarnya alergi dapat dicegah dengan cara menjauhi allergen yang dapat menimbulkan reaksi berlebihan pada tubuh , dengan demikian tubuh merasa aman dari reaksi yang berlebihan . Alergi dapat dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya :
Tubuh mengalami kepekaan terhadap udara dingin , Alergi udara dingin ini bisa menyerang sistem kekebalan tubuh . Alergi udara dingin diidentikan dengan flu , serta hidung memerah atau timbul bercak merah gatal pada kulit .
Pemicu terjadinya alergi debu salah satunya adalah debu yang tersebar diberbagai sudut rumah sehingga terhirup melalui udara . Debu penyebab alergi salah satunya yaitu Tungau , tungau debu merupakan jenis binatang sangat kecil yang biasa hidup di kasur , bantal berisi kapuk , karpet , dll .Alergi Debu diidentikan dengan bersin-bersin , pilek , hidung berair , serta rasa gatal pada hidung .
Jenis Alergi ini sangat sering dijumpai , Alergi Makanan merupaka reaksi tubuh yang tidak wajar atau berlebihan terhadap suatu makanan akibat reaksi pada imun dengan gejala spesifik . Alergi Makanan diantaranya yaitu Alergi terhadap Makanan Seafood seperti udang , kepiting , lobster , ikan laut , kerang , dll . Alergi Makanan bisa diidentikan dengan diare , kerusakan jaringan kulit akibat gatal-gatal dan bentol .
Gejala Alergi dibedakan menjadi 4 macam berdasarkan alergi itu terjadi , diantaranya :
Mata , Gejala Alergi pada mata menyebabkan mata merah , gatal , berair , belekan , bintita , serta timbul warna kehitaman dibawah mata.
Kulit , Gejala Alergi pada kulit menimbulkan kulit merah , gatal , timbul bintik-bintik merah , eksim , serta kulit kebiruan atau hitam .
Sistem pernapasan , Gejala Alergi pada sistem pernapasan dapat ditandai dengan batuk , pilek , bersin , sesak napas , serta mimisan .
Sistem pencernaan , Gejala Alergi pada sistem pencernaan seperti diare , sering kentut , perut kembung , serta sulit buang air besar .
Vitamin C mempunyai manfaat antihistamin alami sehingga seringkali dikonsumsi untuk membantu mengatasi alergi.
Bromelain (enzim dari nanas) juga efektid, dalam mengurnagi peradangan, membantu mengatasi antigen yang masuk ke dalam tubuh.
Supelemen enzim pencernaan (Digestive Enzymes) dapat efektif untuk alergi makanan dengan meningkatkan pencernaan dan mengurangi penyerapan pemicu alergi, protein (antigen) dalam makanan yang tidak dicerna dengan sempurna.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar